Saturday, October 25, 2014

Review Mobile WIFI Bolt Max 4G E5372s

BOLT Super 4G LTE merupakan layanan data internet dari PT.Internux, denger-denger perusahaan yg sama dengan fastnet/firstmedia. Produk dan layanannya masih terbilang baru, tapi sudah berani bermain di ranah layanan internet pasar Indonesia yg notabene masih banyak masalah teknis. Jangankan 4G, sinyal 3G atau HSDPA ajah masih suka timbul dan tenggelam apalagi 4G??? Anyway, kali ini ada kesempatan bikin review Modem Mobile WIFI Bolt Super 4G LTE model E5372s atau populer disebut Bolt Max, sekalian nyoba gimana performanya. Simak ya guys...

Bentuknya yg terbilang simpel dengan layar LCD 1.45inch untuk menampilkan informasi status jaringan, pemakaian data beserta durasi, berapa banyak devices yg terhubung, dan baterai. Ada tombol kecil bertuliskan MENU dan tombol power. Pengguna cukup nyalakan modem, dan atur setting menggunakan tombol MENU tadi. Sebelumnya agar dipastikan bahwa kartu perdana telah di aktivasi. Selain Bolt Max, sebetulnya ada Bolt Slim, bedanya hanya di kapasitas batrai. Max berkapasitas 3560mah, sedangkan Slim hanya 1780mah. Keduanya support untuk dijadikan sebagai power bank darurat, diperlukan kabel data tipe AF 10 (tidak termasuk penjualan).

Cek status ataupun sisa quota dapat diakses langsung di menu mybolt di web ataupun unduh aplikasinya di playstore, sehingga bisa memantau penggunan quota dari smartphone tanpa harus melulu lewat web. Untuk setting modem lebih lengkap memang diwajibkan melalui alamat 192.168.1.1 dari PC/ laptop (tidak dapat diakses melalui ponsel) semisal untuk ganti SSID dan password wifi. 

Performa dibilang belum maksimal di tempat saya. Inipun testdrive mesti keluar kamar, keluar kamar juga tidak dapat sinyal satu bar pun. Ini sih alamat mesti keluar rumah terus pasang di genteng. Lokasi testdrive bilangan tebet - cawang. Entah apa yg salah tapi yg jelas signal coverage tidak sesuai dengan iklan. Maksimal speed donlod yang didapat hanya 500kbps, itupun tidak stabil dan kalau lagi beruntung. Yah, antara kecewa dan pasrah ajalah soalnya cuma buat pemakaian dirumah. 

Pertama beli modem dapet bonus quota 8gb dengan waktu pemakaian 30hari kalender, 24 jam reguler. Setelahnya kalau mau lanjut harus beli pulsa dulu di ATM BCA/ Mandiri (selengkapnya bisa kunjungi web resminya). 

Kesimpulan : Coverage area yang masih kurang maksimal yg berdampak pada penerimaan sinyal dan bandwidth internet. Tidak luar biasa meskipun sudah 4G, tapi mungkin luar biasa untuk mereka yg beruntung dapat sinyal bagus. Penawaran paket kuota dan harga terbilang kompetitif dari pesaing lainnya. Lumayan deh buat sekedar hotspotan dirumah. Welcome to the 4G world, guys!

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita

Post a Comment