Sunday, June 29, 2014

ASUS Zenfone 4/5/6 Preview

Diam-diam produsen komponen komputer asal Taiwan, ASUS, tengah menggempur pasar smartphone dengan 3 produk teranyar. Berbekal spesifikasi teknis mumpuni dengan harga ramah di kantong ini, kian diminati para pecinta gadget. Seperti apa bentuk dan rupa mereka, simak preview singkat ZENFONE 4/5/6



Design 
Dirancang dengan bahan berkualitas, tak heran ZENFONE termasuk dalam kelas smartphone premium. Kata 'ZEN' sebelumnya pernah dipakai oleh ASUS dalam produk laptop yang mengedepankan sisi estetika tapi bukan berarti mengabaikan sisi performa. Selain spek teknis yang tidak jauh berbeda antara satu dengan yang lain, ZENFONE 4/5/6 hanya berbeda pada ukuran panel layar. Angka dibelakang mengindikasikan lebar layar dengan pilihan 4-6inch. Bermaterial plastik berkualitas dan bezel dibagian bawah, menunjukkan smartphone ini bukan kelas murahan. 

Screen 
ASUS rupanya cukup jeli memanfaatkan kesempatan dari sisi layar. Pasalnya tidak semua orang suka dengan layar lebar begitupun sebaliknya. Jadi pilihan paling ideal sebetulnya condong kepada ZENFONE 5. Untuk yang bertangan ramping bisa pilih 4inch. Untuk yg bertagan agak jumbo dan hobi main game boleh pilih 6inch biar puas. Berteknologi layar IPS dengan pelindung kaca Gorilla generasi ke-3, mantap!!! Dari sisi resolusi layar, ZENFONE memiliki resolusi kualitas HD 1280x720pixels dengan kerapatan pixel 294ppi untuk ZENFONE 5 dan 245ppi untuk ZENFONE 6. Khusus ZENFONE 4, layar masih berteknologi TFT dengan kualitas resolusi layar hanya WVGA 800x480pixels kerapatan 233ppi dengan lapisan pelindung yang sama. Otomatis kualitas visual yg tampil di layar Z4 berada dibawah Z5/6

CPU/GPU 
ASUS tak main-main dengan produknya ini. Biasanya untuk smartphone level premium masih menggunakan prosesor besutan dari MEDIATEK (MTK) dengan jumlah inti 4 (quad-core). Sekalipun ada yg menggunakan SNAPDRAGON hanya sebatas inti 2 (dual-core), dan untuk quad-core nya bisa diatas harga 3juta misalnya SONY. Inilah yang diincar para maniak gadget. 

ASUS memilih untuk menggandeng INTEL untuk urusan CPU dimana hal ini menjadikan ZENFONE dengan spek tinggi harga terjangkau. Intel Atom Z2520 (1.2ghz) dibenamkan Z4, Intel Atom Z2560 (1.6ghz) dibenamkan Z5, dan Intel Atom Z2580 (2ghz) pada Z6. Tak hanya itu, procesor canggih tersebut dilengkapi dengan teknologi bernama Hyper-Threading (HT)

Pada prinsipnya, inti dari prosesor Intel Atom tersebut hanya ada 2 secara fisik. Tapi berkat teknologi HT, memungkin system Android (atau windows untuk segmen komputer) membaca dual-core tersebut menjadi quad-core. Teknologi ini sejatinya telah lama dikembangkan dan dibenamkan intel untuk jajaran prosesor desktop/laptop. 

Memory 
Smartphone seksi ini memiliki kapasitas RAM yg tergolong lega. ZENFONE 4 memiliki 1gb ram. Zen5 ada dua versi yakni 1gb/2gb, zen 6 tersedia hanya 2gb. Storage Zen 4/5 masing-masing tersedia 8gb, sedangkan zen6 tersedia dalam 16gb. 

Camera 
Inilah fitur yang paling digemborkan ZENFONE. Adalah kamera berteknologi lensa 5 elemen ber-aperture besar f/2.0 dan ditambah pixelmaster menjadikan hasil foto dan video diklaim 400% lebih jernih dan terang dibanding ponsel berkamera dipasaran. Namun kehebatan tersebut tidak berlaku pada ZENFONE4 mengingat harganya yang sangat terjangkau. ASUS memilih untuk memangkas fitur tersebut dan mengganti dengan lensa standar demi mengurangi ongkos produksi. 

Zen4 kamera utama 5mp, depan 0.3. Zen5 kamera utama 8mp, depan 2mp. Zen6 kamera utama 13mp, depan 2mp. 

Network 
Mendukung jaringan 3G HSPA+ dan dual-on, alias bisa pasang 2 kartu SIM (GSM-GSM) sekaligus. Berlaku untuk semua tipe ZENFONE. Wifi. Bluetooth 4. 

OS 
Sudah menggunakan OS Android 4.3 Jelly Bean. ASUS menjanjikan update ke versi 4.4 KitKat. Berlaku untuk semua tipe ZENFONE. 

Audio 
ASUS tidak melupakan sisi hiburanya. Tertanam teknologi ASUS Sonic Master yang menciptakan suara lebih jernih dan lebih ‘nge-bass’. Berlaku untuk semua tipe ZENFONE. 

Battery 
Bicara soal ketahanan batrei, sepertinya tidak perlu khawatir. ASUS telah menyesuaikan kapasitas baterai berdasarkan lebar layar dan spek teknis. Untuk Z4 memiliki daya sebesar 1200mah, Z5 daya sebesar 2110mah, dan Z6 sebesar 3300mah. Kesemuanya bersifat unibody, alias tidak dapat dilepas. Khusus untuk Z4 batrai dapat dilepas, bahkan informasinya dalam paket pembelian Z4 diberikan bonus batrai total dapat 2 batrai. 

---Conclusion--- 
Sebetulnya semua fitur dan teknologi ZENFONE telah lebih dulu di implementasikan di smartphone ASUS Padfone. Namun Padfone dibanderol dengan harga cukup tinggi dan mungkin tidak begitu populer di Indonesia. Mesti diakui, dengan segala kelebihan dibanding smartphone selevelnya, 

ASUS ZENFONE sangat patut untuk dibeli dan dimiliki, reasonable and affordable. Sayangya, sampai tulisan ini dibuat, keberadaan ZENFONE series masih sangat amat langka baik di toko resmi maupun toko retail. Sekalinya ada, stock limited sekali dan langsung ludes. Harga pun dibanderol lebih tinggi 100-500ribu dari harga resmi. Sebagai informasi nih guys, zen4 harga resmi 1.099juta naik jadi 1.350juta, zen5 2.199juta naik jadi 2.500, dan zen6 3.009juta naik 3.500juta. Bah...harganya gak wajar. Maklum barang langka harga pasti naik, sesuai hukum pasar. Kemarenan iseng muterin toko gadget pada bilang sold out/ out of stock. Bagi kalian yang udah incer ini smartphone rasanya mesti nunggu lebih lama dikarenakan belum ada kepastian dari ASUS


Mungkin kalau boleh saya kasih saran, daripada di PHPin mending cari hape yg serupa tapi tak sama, yaitu Lenovo K900. Jeroannya persis sama kayak zenfone 6 tapi lebih unggul di kualitas resolusi layar yakni sudah full HD 1080x1920 dengan 401ppi selebar 5.5inch. Main game dipastikan lebih hidup dan berwarna, apalagi buat nonton film. Selamat mencari ya guys…enjoy!!!

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita

Post a Comment