Thursday, July 16, 2015

Lenovo Tab 2 A70 - 30 Review

Setelah Lenovo Tab Yoga generasi pertama dan sekarang sudah muncul Tab Yoga 2 untuk kalangan atas, rupanya Lenovo juga menyasar segmen dibawahnya. Hadirnya Lenovo Tab 2 akan menambah persaingan tab untuk kelas entry level. Seperti apa bentuk dan kemampuanya? Yuk kita jajal…


Design 
Menurut Saya, kalau boleh dibilang bentuk tab 2 ini mengadopsi bentuk Xperia Z Ultra. Bagaimana tidak? Lihat saja aksen pada sudut2 Tab 2 begitu tegas. Ditambah lebar layarnya yg 7inch sedangkan Z Ultra 6.7 inch. Siapa yg menyangka dengan harga 1jutaan, tidak nampak seperti tab murahan. Mungkin bahan yg digunakan adalah polycarbonate dengan pilihan warna menarik yakni hitam, putih, biru, dan pink. 

Display 
Mengusung teknologi layar IPS dengan pixel sebesar 1024 x 600 dirasa memang masih jauh dari kata ‘wah’, sangat sederhana meskipun sudah mendukung warna 16M. Namun entah kenapa kalau dibandingan dengan tab lain dengan resolusi yg sama atau sedikit diatasnya, tampilan layar Tab 2 ini masih terasa unggul. Layar belum berlapis gorilla glass sehingga harus lebih apik dalam pemakaian. 

OS 
Sistem operasi bawaan pabrik sebatas Android Kitkat 4.4.2, yah cukup ketinggalan rasanya. Namun saat Saya iseng2 klik pembaharuan system ternyata mendapat update ke Android Lollipop 5.0.1. Artinya sudah secara official dirilis oleh Lenovo. Pada saat masih Kitkat, si Tab 2 ini rasanya tidak begitu lincah. Namun saat sudah migrasi ke Lollipop ternyata menjadi jauh lebih enak digunakan. 

CPU/RAM/Storage 
Ditenagai oleh CPU quadcore Mediatek 8382M @ 1.3Ghz dan RAM hanya 1Gb secara peggunaan real tidak begitu hebat. Terbilang standar meskipun berlabel empat inti apalagi internal storage hanya 8Gb yang dapat digunakan sekitar 4-5gb saja. Namun anehnya, saya coba mainkan game Dead Trigger 2 dengan setting mentok di medium kenyataanya game masih berjalan dengan smooth dan layak dimainkan (playable). Game Clash of Clans juga oke di Tab 2 ini. Selain itu belum sempat coba game lain tapi di youtube sudah ada review gaming test nya kok. 

Camera & Sound 
Di sektor kamera kalian jangan berharap banyak deh, kualitasnya buruk sekali biarpun sudah mendukung 2mp untuk belakang dan 0.3mp untuk kamera depan. Sangat tidak disarankan untuk mengambil foto menggunakan tab ini. Suara sudah ada teknologi Dolby Audio tapi faktanya untuk sektor ini juga payah. Baik digunakan menggunakan headset maupun loudspeaker sepertinya Dolby Audio tidak berdampak banyak. Jadi kedua sektor ini menurut saya gagal total. 


Standard features 
Tab bisa dimasukkan single sim card model lama (bukan nano atau micro) dan dapat digunakan dalam jaringan 3G, katanya sih bisa telepon dan berkirim pesan. Tab juga dapat digunakan untuk thethering hotspot. Nah, tab ini punya daya baterai sebesar 3450mah yang tergolong cukup baik. Dengan pemakain biasa saja alias untuk browsing dan game ringan, dapat bertahan selama lebih dari 10 jam. Kalau dipikir lagi, dengan hanya sebesar 3450mah dan lebar layar 7inch sebetulnya sudah cukup irit. Saya aja main game Dead Trigger 2 yang mesti selalu terhubung dengan koneksi internet bisa nyampe 5jam. 



Conclusion 
Saya pribadi mengambil Lenovo tab 2 a70-30 ini memang awalnya untuk tujuan gaming. Tau sendiri kan game android sekarang banyak juga yg kualitas gambarnya sudah kayak game konsol. Soalnya kalau main di hape cepet habis batrainya. Jadi Saya gunakan tab ini hanya untuk gaming dan browsing dengan jaringan wifi. Saya puas dengan ketahan batrai dan kemampuan gamingnya. Untuk sektor suara dan kamera Saya tida terlalu ambil pusing meskipun memang mengecewakan ditambah storage yg cuma 8gb dan ram 1Gb. Lagipula apa sih yang diharapkan dari sebuah tab yang harganya hanya 1.599.000 ?? kemarin saat beli dapat harga 1.499 bonus flip cover. Saya compare dengan tab brand lainnya yg harganya sama, Lenovo tab 2 ini cukup layak kok menemani penggunaan harian.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita

Post a Comment