Tuesday, December 31, 2013

Lenovo K900 Review



Lenovo merupakan pemain baru dalam segmen smartphone. Biar begitu, Lenovo adalah senior untuk sektor desktop dan laptop. Yg satu ini merupakan flagship Lenovo hingga kini yg diberi label K900. Seperti apakah rupa dan kemampuan smartphone premium ini? Simak guys, enjoy!
  
Design 
Dengan ketebalan hanya 6.9mm membuat ponsel ini diklaim tertipis untuk jajaran produk smartphone yg beredar. Berbentuk menyerupai persegi panjang membuatnya sedikit lebih bongsor dibanding Samsung Galaxy S4. Kombinasi antara bahan alumunium non-magnetis dan polycarbonate melindungi keseluruhan body dengan sempurna. Begitu ringan dan tipis sehingga pas digenggaman dan disaku celana. 

Screen 
Bentangan layar seluas 5.5inch dengan kualitas FULL HD 1920x1080 400+ppi, begitu luas dan detail. Meskipun tidak se-heboh teknologi layar Super AMOLED pada samsung atau, Super LCD pada HTC, dan Bravia Engine pada SONY. K900 hanya mengandalkan layar berjnis IPS dan berpelindung Gorilla Glass generasi kedua tak boleh luput dari perhatian. 

Camera 
Mengambil objek makin menyenangkan dengan adanya kamera belakang atau utama beresolusi 13mp dan kamera sekunder atau depan 2mp. Harus di akui hasil kedua kamera termasuk bagus, sungguh. Fyi, kamera yg dibenamkan pada K900 ini menggunakan sensor kamera EXMOR RS besutan SONY layaknya pada ponsel premium xperia. Percaya gak percaya ?

CPU/GPU/RAM 
Lenovo merupakan smartphone pertama dan satu-satunya yg membenamkan processor dari INTEL hingga saat ini. Dimana vendor lain telah bersanding lebih dulu dengan Snapdragon/ Qualcomm ataupun Exynos. Jenis prosesor yg digunakan berjenis Intel Atom Z2580 dengan nama sandi Clover Trail, prosesor besutan dari INTEL ini berlari pada kecepatan 2.0 Ghz - dual core. Meskipun hanya berbekal dual-core, namun prosesor ini mempunyai fitur yg disebut hyper-threading layaknyya prosesor pada Desktop ataupun Laptop. Mendukung hingga 4-thread. Rasanya sama dengan mempunyai prosesor quad-core. Silahkan googgling untuk cari tau apa itu hyper-threding

dikarenakan menggunakan prosesor Intel, otomatis smartphone ini menggunakan integrated-graphic processor unit di sektor grafis dan video (GPU). Intel® GMA graphics dengan kecepatan 533MHz hampir setara dengan GPU Adreno 330. Tapi anehnya di aplikasi benchamarking Antutu disebutkan bahwa GPU yg digunakan adalah PowerVX SGX544. Entahlah ... 

RAM/Storage 
Meskipun tidak mempunyai slot kartu memori tambahan, dukungan internal storage sebesar 16gb (usable 9gb) dirasa sudah lebih dari cukup untuk menampung berbagai file. Dukungan RAM sebesar 2GB sangat amat membantu smartphone ini untuk bekerja multitasking dimana ponsel sekelasnya hanya mampu memberikan 1gb saja. 

OS/Launcher 
Sistem operasi yg digunakan termasuk standar seperti smartphone kebanyakan, yakni android versi 4.2 alias jelly bean. Menurut jadwal, K900 akan segera mendapat update ke versi 4.4 alias kitkat tapi belum dapat dipastikan tanggal nya. Umumnya smartphone kini mempunyai launcher pabrikan atau bawaan. User interface yg dihadirkan Lenovo cukup bagus, mulus dan memanjakan mata. 

Battery 
Untuk daya batre, K900 dibekali kapasitas sebesar 2500mah. Tidak terlalu besar juga tidak terbilang kecil. Cukup untuk menopang penggunaan normal harian. Dicoba di full-charge pagi hari, lalu jaringan 3G selalu standby, menggunakan BBM, whatsapp, juga sms, sesekali browsing dan main game bisa bertahan 10 jam. Termasuk irit untuk ukuran smartphone dengan layar luas namun memang tergantung karakter si pengguna itu sendiri. Beruntung Lenovo menyertakan fitur menarik untuk manajeman daya yakni Lenovo Power. Fitur ini fungsinya sama dengan stamina mode yg ada pada xperia z ataupun dengan software pihak ketiga semacam DuBattery atau Juice Defender

Entertainment 
Musik player bawaan adalah google music player, yg memang bawaan standar tiap ponsel ber-android. Dari segi kualitas sudah baik tapi belum cukup baik, untungnya headset bawaan K900 bertipe IEM jadi bisa makin ajeb2. Tapi sejujurnya tetap masih unggul walkman player bawaan SONY, ataupun beats audio untuk HTC

Video player bawaan juga standar dengan settingan pabrik. Tidak banyak yg bisa dimodifikasi. Enaknya kia bisa nonton video dengan full screen. 


Kesimpulan
Dengan harga 4.7 juta, bahkan denger2 udah turun di bawah angka 4 juta, kalian sudah bisa mendapatkan sensasi smartphone kelas premium. Layar lebar, RAM lega, storage luas. Mungkin k900 bisa menjadi pilihan alternatif untuk kalian yg kocek-nya belum bisa beli Sony Xperia Z, Samsung Galaxy S4 ataupun HTC One...he...peace! Yah itung-itung keren buat gaya. Toh yg penting kalian bisa memaksimalkan fungsi dan fitur yg ada, jangan cuma bisanya social media doank tapi mesti melek teknologi juga donk, setuju ??

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita

Post a Comment