Tuesday, October 15, 2013

J-Rocks Nescafe Journey Album

Berhubung belum ada bahan untuk artikel musik, iseng Saya buat artikel ini. Yap kali ini akan membahas sekilas saja tentang band Indonesia bergenre Japanese Rock (J-rock, bedakan dengan nama band nya dengan tambanhan 'S'), J-Rocks dan album studio nya. Memang telat sih baru ngebahas tapi tak apalah daripada blog ini gak ada isinya he ... enjoy !!  


Sekilas tentang J-Rocks 
Band yg terbentuk tahun 2003 silam ini langkah-nya dimulai dari kompetisi musik Nescafe Get Started. Mereka berhasil lolos sebagai pemenang dan berkesempatan rekaman yg di sponsori Aquarius Musikindo. Album debutnya rilis tahun 2005 bertajuk Topeng Sahabat

Setiap personil mempunyai skill di atas rata-rata, apalagi jika dibandingkan dengan band Indo kebanyakan. Meski begitu banyak yg mencibir mereka dengan label "plagiat". Bagi fans band jepang L'Arc en Ciel jelas J-Rocks meniru jenis musik dan style mereka, Saya pun setuju dengan opini tersebut secara saya satu di antara laruku fans. Tapi jangan karena hal tersebut menjadikan kita skeptis terhadapa J-Rocks. Kalau Saya lebih suka menggunakan kata "terinfluence" dibanding "plagiat". Untuk kalian yg tidak asing dengan genre japanese rock pada umumnya, Saya yakin pasti bisa membedakan mana lagu biasa dan mana lagu yg japanese rock. Sebetulnya banyak band Indonesia yg berkespresi di jalur japanese rock, sebut saja jellyfish, obake, wasabi, chicken katsu dll. Namun band tersebut masih belabel "indie". J-Rocks adalah satu yg berhasil menembus label 'major' dan menyuntikkan genre tersebut di kancah musik Indonesia. 

Belum lama ini mereka merilis studio album yg bertajuk Nescafe Journey. Bisa dibilang ini album kompilasi lagu lama dan baru. Seperti single terbaru yakni Ya Aku yg masuk di album ini. Strategi penjualan album ini terbilang menarik karena dapat dibeli di swalayan dengan bundle kopi nescafe.

J-Rocks - Journey Nescafe (Completed)

MP3 / 320 / CD
FLAC / 1411 / CD

Year Of Release: 2013
Genre: Rock, Alternative Rock, Pop Rock, J-Pop
Label: Aquarius Musikindo

Tracklist:
01. Perjalanan
02. Save Our Soul
03. Fallin' in Love
04. Mestinya Ku Akhiri Semua
05. Lepaskan Diriku
06. Kau Curi Lagi (Duet w/ Prisa)
07. Ya Aku
08. J-Rockstars
09. Warnai Dunia
10. Dari Ngopi Jadi...

Track favorit Saya adalah Save Our Soul. Tak pernah dibayangkan bahwa J-Rocks bisa ciptakan lagu yg kalo boleh saya bilang brutal. Nuansa trance atau mungkin juga industrial rock sukses memberi warna tersendiri dan epik sekali di lagu tersebut. Lepaskan Diriku merupakan track yg sering diputar di radio dan tv saat J-Rocks muncul dan merilis album Topeng Sahabat. Lagu perdana yg sangat terasa nuansa japanese rock nya. Single Ya Aku merupakan track yg bernuansa jazzy dan catchy tapi tetep enak didenger yg menjadi OST. Pocong juga Pocong. J-Rockstar sejatinya adalah lagu yg di dedikasikan untuk para penggemarnya sesuai dengan judul lagu. Warnai Dunia sebagai lagu penutup yg cocok didengarkan untuk menghilangkan galau. 

Tambahan : Sebetulnya dalam album ini ada total 10 track, tapi kebanyakan yg beredar di internet cuma yg versi 9 track saja. Kalau ditanya kenapa, Saya juga gak tahu sih he... tapi yg jelas ada track yg berjudul 'Dari Ngopi Jadi...' itu lagu dipakai buat jingle kopi nescafe bebarapa waktu lalu. 

Update : Tersiar kabar bahwa J-Rocks akan mengadakan konser atau Tour atas perjalanan karir mereka selama 10 tahun. di tunggu saja ya guys...


Untuk yg mau download silahkan klik dibawah :
Versi mp3 128kbps 9tracks only disini
Versi FLAC 10tracks bonus scan disini

4 comments: