Tuesday, March 5, 2013

Smartfren Andromax-U, Besar Cepat Canggih

Rupanya provider sekaligus vendor lokal untuk gadget, Smartfren, sedang gencar-gencarnya melakukan inovasi dan ekspansi. Belum lama mereka merilis New andromax Tab 7.0 disusul Andromax-I, Smartfren kembali menggempur pasar indonesia dengan smartphone teranyar nya, Andromax-U. Lantas apa yg membedakan nya dengan sang kakak? Benarkah kemampuanya digadang-gadang menyaingi smartphone seharga 3jutaan? Well....who knows? Check it out!  


Bentuknya sebelas-dua belas dengan si Maxi. Namun memang layarnya sudah lebih besar menjadi 4.5 inch (sebelumnya hanya 4 inch), cukup lebar. Sudah menggunakan teknologi layar IPS tipe OGS. Kerapatan pixel 540x960 (256ppi pixel densitiy). Waw, dari layarnya tampak begitu mengesankan untuk kelas smartphone lokal. Satu hal yg menarik adalah, apabila dalam kondisi layar off maka border hampir tidak terlihat, totally blackout, cool!! Hal tersebut serupa dengan Google Nexus 7. Terdapat LED indicator, gampang nya fitur ini mirip notifikasi pada handset Blackberry yg menyala jika mendapat sms atau bbm.

Prosesornya sudah digenjot menjadi 1.2ghz (sebelumnya 1ghz) tetap dengan dual-core nya. Dengan GPU Adreno 203. Smartfren juga telah mengupgrade RAM menjadi 768mb (sebelumnya 512mb). Dengan begitu kemampuannya memainkan game HD dan memutar film terbilang di atas rata-rata. 

OS yg digunakan masih berjalan pada ICS, namun diinformasikan bahwa akan ada update untuk OS jellybean

Tak tanggung-tanggung, untuk pencitaraan image Andromax-U di suntikkan kamera belakang 8mpix kemudian kamrera depan 2mpix. Fungsi LED Flash tak luput untuk hasil yg lebih baik. 

Smartphone ini juga tetap dengan fitur dual-on. CDMA sudah di lock sehingga hanya dapat di pasangkan dengan kartu Smartfren, dan ukurannya pun Micro-RUIM. Untuk GSM dapat di pasangkan provider apapun dengan ukuran SIM standar. Untuk jaringan CDMA sudah mendukung jaringan EVDO Rev A, namun untuk jaringan GSM-nya hanya berjalan di lajur 2G (EDGE). 

Internal storage mencapai 4gb. Tersedia slot Micro-SD untuk menambah kapasitas. Sepertinya perangkat inipun tidak diberikan tambahan Micro-SD gratis. 

Batrai Andromax-U sudah diperbesar menjadi 1800mah (sebelumnya 1630mah). Namun untuk hal efisiensi daya kembali kepada penggunaan masing-masing.

Bagaimana bloggers? Fantastis bukan spesifikasi teknis Smartfren Andromax-U? Yakin deh bikin laper mata. Bloggers dapat nebus ini Smartphone seharga 1.499juta saja. Dengan harga segitu udah bisa ngerasain fitur layaknya smartphone kelas atas. Tak heran penjualannya di beberapa konter hape, bahkan galeri resminya kehabisan stok saking larisnya. Bahkan ada beberapa toko meraup keuntungan dengan menaikkan harga menjadi 1.7jt saking langkanya. 

Tapi tunggu dulu bloggers, ternyata banyak testimonial kurang memuaskan dari pengguna Andromax-U ini yg menyatakan masih banyak bug nya, semisal suka restart sendiri, indikator batrai tidak akurat, volume tiba-tiba mengecil dsb. Bukan bermaksud menjatuhkan, namun disini diharapkan bloggers bisa jeli terhadap kekurangan yg masih ada pada Maxu. Dan mengikuti terlebih dahulu perkembangan terakhir produk ini sebelum akhirnya memutuskan membeli. Kita tunggu saja agar produk ini stabil baik dari harga, hardware ataupun software nya. 

Malah kabarnya nih, pihak Smartfren akan segera merilis Smartphone dengan nvidia Tegra3 yg hanya dibanderol 2.5jutaan. Well....Saya sendiri sangat “ngiler” liat spek Andromax-U tapi rasanya akan lebih baik menunggu dahulu, apalagi jika berita Tegra3 tadi benar adanya. Akan buang- buang dana jika melihat track record perilisan produk-produk dari Smartfren jeda waktunya tidak terpaut jauh. Seperti hal-nya antara Andromax-I dengan Andromax-U. Anyway...the choice is yours.

3 comments:

  1. brooo...
    paragraf terakhir nya bijak bgt, nice info bro..
    salam droider
    :)

    ReplyDelete
  2. Andromax u baru beli 2hari trz tiba2x suka heng trz restart sendiri..knp ya!???jd emosi

    ReplyDelete
    Replies
    1. andromax u emang penyakitnya kayak gitu, suka restart. solusinya update firmware terbaru atau pake custom firmware

      Delete