Thursday, November 3, 2011

Review Cooler Master Notepal E1


Anda khawatir dengan suhu notebook yg terlalu panas? atau mungkin Anda bingung mencari cooling pad yg sesuai dengan ukuran laptop, kebutuhan dan budget anda? Jangan takut karena Cooler Master Notepal E1 dapat menjawab semua keraguan Anda. Ini sesunguhnya bukan barang baru, sudah beredar dipasaran sejak setahun lalu. Nah cuma baru sempet dan dapet inspirasi serta motivasi (lagi-lagi) bikin review barang sendiri nih he...check this out!!!


Dilihat dari bentuknya mirip sekali dengan semua pendahulunya yaitu Cooler Master Notepal X-Lite, Notepal X2 dan Notepal X-Slim. Hanya bedanya adalah Notepal E1 lebih besar dan nampak kekar (solid) meskipun sepenuhnya terbuat dari material plastik dan dikombinasikan dengan besi pada jaring wadah-nya. Hal yg membedakan lainnya adalah fan. Fan-nya sih memang cuma satu buah, tapi jangan salah loh fan tersebut memiliki diameter 230mm (23cm). Ukuran diameter tersebut adalah yg terbesar di jajaran produk Cooler Master terutama X series (Saya udah bandingkan dengan sodara-sodara nya waktu pameran indocomtech 2010 lalu he...btw dateng ya ke indocomtech 2011 lho....), entah dimerk lain,,,tapi sepertinya gak ada deh. Anehnya kenapa untuk produk satu ini tidak diberi label "X" juga yaa...alias tidak termasuk dalam X series, malah dikasih label "E".

Cooling pad ini dapat menurunkan suhu notebook sampai 3 derajat. Saya pribadi tidak terlalu berpatokan pada software-software pengukur suhu karena menurut pengalaman tiap software berbeda. Untuk itu Saya mengujinya sendiri dengan digunakan pada laptop Acer 4745G dengan ATI 5650 maka tidak heran jika pada saat main game akan terasa sekali peningkatan panas. Daerah palm rest cenderung adem tapi kalau disentuh tepat dibawah fan laptop (sebelah kiri) itu boleh dibilang panas sangat. Tapi sangat tertolong semenjak menggunakan cooling pad ini. Jika dibandingkan sebelum dan sesudah di ademin pake Notepal E1 ini tempat yang tadi disebutkan justru cenderung dingin, bukan adem tapi dingin, dinginnya pun merata, hebat!!  



Fitur menarik lain adalah adanya tambahan port USB di bagian belakang, jaga-jaga jika perlu pasang sesuatu (total 2 port, satu sebagai kabel power dan satunya lagi untuk cadangan). Di bagian depan dapat berfungsi sebagai kipas angin karena efek perputaran dan pendinginan dari fan, sangat membantu user jika terasa panas diruangan karena angin yg dihembuskan cenderung sejuk. Tambahan lainnya adalah terdapat adjustable stand. Dengan kata lain, cooling pad ini dapat diatur derajat kemiringan-nya. User akan merasa lebih nyaman untuk mengetik dan memandang layar laptop, lebih mantap dalam memainkan game sehingga rasa lelah karena terlalu lama duduk di depan laptop anda bisa diredam.

Dengan bentuk yang besar dan kokoh juga ada kesan modern futuristik serta diameter fan yg oke menjadi alasan utama kenapa Saya akhirnya memilih cooling pad ini. Harga dibawah 300 ribu, harga yang pantas menurut Saya apalagi dihadiahi sederet fitur-fitur menarik. This is a price to performace cooling pad.

FEATURES

- stylish "X" design

- full range metal mesh and aerodynamic designed intake for great permormance

- 230 mm silent fan for superior airflow

- front air outlet grille keep your hands dry and cool

- adjustable stand for two different height settings (7.5/ 10 degree)

- compatible with all 9" ~ 14" laptops (up to 15.4")

SPECS

- color > black

- dimension (W/D/H) > 379 x 305 x 47 mm

- fan dimension (W/D/H) > 230 x 230 x 20 mm

- fan speed > 800 + 15% RPM

- fan airflow > 91.25 CFM

- fan noise > 20 dBA

- related voltage > 5V DC

- fan bearing > sleeve bearing

- weight > 0.85kg

1 comment:

  1. Gan, mantap reviewnya. kebetulan saya lagi cari2 cooling pad yang handal. sekarang saya pakai notepal infinite, tapi kurang dingin. sekarang karena review ini saya putuskan untuk ikut dan percaya akan hasil review. mau beli 1 yg E1 ini. pasti mantap! thanks gan :)

    ReplyDelete