Friday, June 17, 2011

Review ACER 4750G


Sebelumnya untuk ACER 4750G ini termsuk banyak variasinya (spesifikasinya) dibanding seri ACER Aspire sebelumnya...tapi tidak sulit kok untuk membedakannya. dan pastinya buat para gamer bakalan ngelirik laptop ini karena speknya itu loh...

Design
Produk yg baru aja rilis beberapa waktu lalu kembali mengadopsi design seperti 4738G sebelumnya, gak ada yg berubah dalam hal design. Yah kalau boleh dibilang conventional design. Dengan design bertekstur pada casing luar dan palm rest. Lumayan menariklah meskipun tidak setipis 4745G.

Display
Lagi-lagi sama saja dengan kualitas laptop Aspire yg sebelumnya.

RAM
Secara default masih dibekali sebesar 2GB. up to 8GB DDR3.

Harddisk
Nah pada bagian harddisk ini memang ada perbedaan. Ada yg cuma 500GB tapi ada juga yg sebesar 640GB. Keduanya terbilang masih cukup lega kok.

Processor

Untung-nya pada semua variasi Aspire 4750G ini, procie yg sudah dibenamkan adalah 2nd generation Intel Core i yg mempunyai code name Sandy Bridge. Sebelumnya chipset ini mengalami gangguan yg akhirnya mesti ditarik dari peredaran pasar, hal ini juga berlaku untuk semua pabrikan yg telah mengadospi procie 2nd gen ini jadi bukan ACER saja. Alhasil Intel telah berhasil menyempurnakan dan melepas kepasaran kembali. Diklaim oleh pihak Intel dapat lebih hemat daya, lebih berkinerja dan lebih meningkatkan kemampuan grafik yg sudah terintegrasi di dalamnya...istilah keren-nya graphics on die processor. Cukup menggiurkan bukan? ada yg dipasang Core i3 2310M ada juga yg Core i5 2410M, semuanya procie generasi terbaru dari Intel
Core i
.

VGA
Urusan mengolah grafis ada yg diserahkan pada Intel HD (bawaan procie) pada laptop yg terbenam Core i3, dan ada juga yg di dampingi oleh NVIDIA GT 540M 1GB pada laptop yg menggunakan Core i5. Sudah tentu pasti lebih powerful grafis dari NVIDIA ini. Mempunyai spek yg sama dengan HD5650 terdahulu namun GT 540M bermain dengan clock dan memory speed yg lebih tinggi, alhasil performance-nya berada diatas grafis HD 5650...(gile sekarang laptop udah makin sangar...dan kedua pabrikan ATI maupun NVIDIA makin gencar berinovasi di graphic mobile). Perbedaan dari benchmark sih cukup signifikan. Selain fitur CUDA dan physx ada juga yg namanya OPTIMUS. NVIDIA OPTIMUS ini mirip switchable graphic pada 4745G namun bedanya adalah OPTIMUS bekerja secara otomatis. Jadi tidak perlu switch untuk merubah VGA default. Masalahnya adalah, kalau dirasa ada game berat dan butuh performa lebih maka otomatis pindah ke vga nvidia tapi kalo dirasa game-game masih bisa jalan di vga bawaan Intel maka tidak akan berubah ke nvidia. inilah yg menurut saya malah gk efektif bin ribet...tak se-praktis switchable grafik meskipun sebetulnya masalah tadi bisa di setting nantinya...yah comment orang pasti berbeda ya kan...peace yo!!!

Standard Features
Sudah tersedia bluetooth 3.0, 3 x usb 2.0 dan 1 x usb 3.0 (wew...mantap). dan fitur lainnya seperti dvd room multi dan wifi juga pasti ada. Batre standar dengan pemakaian 3-4 jam-an tergantung kondisi batre dan penggunaan sebetulnya.

Conclusion
Saya cukup kaget pas tau harga laptop ini dibanderol dibawah 6 juta. Gimana gak coba? Dua seri Aspire sebelumnya aja dibanderol pada kisaran 7 jutaan mendekati 8 jutaan malah. dan sekarang muncullah 4750G dengan spek yg melebihi dan fresh dari tipe sebelumnya...ada procie gen kedua, vga mobile teranyar, bluetooth ver.3, apalagi ditambah usb ver3.0 juga...lumayan tuh buah aset beberapa tahun kedepan daripada lumanyun kan,,,hee!! dan sepertinya gak ada pabrikan yg seberani macem ACER deh...tapi ya kita juga gak terlalu tau berapa awet laptop ini akan bertahan,,,ada yg sebulan baru beli udah bermasalah tapi ada juga yg berbulan bulan digeber no problem...so kesimpulannya, Aspire 4750G = Procie Intel Core i3 2310m+Harddisk 500GB+Intel HD ada juga dengan spek Aspire 4750G = Procie Intel Core i5 2410m+Harddisk 640gb+ Intel HD + NVIDIA GT 540M. Tinggal pilih sesuai selera dan kemampuan budget Anda...Saya yakin Anda pasti akan condong yg ke Core i5 karena beda tipis harga nya..dan siapa coba yg gak tergoda dengan harga murah bisa dapet laptop spek yahuddd...apalagi buat gaming y kan??? Tentunya barang yg berkualitas loh bukan yg abal-abal apalagi BM.


3 comments:

  1. wooooowwwww......makasih atas informasinya.

    saya jadi tertarik ingin membeli laptop acer.

    ReplyDelete
  2. x(

    AMD is Better :-/

    ReplyDelete
  3. Intel or AMD is up to you...choose wisely :D

    ReplyDelete