Thursday, June 30, 2011

Nokia C6



Ponsel Nokia seri C yg punya dua tipe yaitu c6 dan c6-01 memang menambah jajaran produk Nokia yg ada. Kali ini yg akan di review adalah seri C6.

Design
Bentuk yg sedikit panjang dan lonjong ini agak mengingatkan kita pada seri nokia 5800 dan sebangsanya yg full touchscreen. Dari segi bentuk nokia sudah mengimprovisasi C6 ini dengan amat sangat lengkap (bukan sempurna loh...). Gimana gak lengkap coba,,udah full touchscreen, ada tambahan keypad qwerty yg dapat muncul apabila ponsel di geser (slide) mantap kan? Tapi sebenarnya ini usaha yg terbilang sia-sia karena ya menurut saya kalau memang mau bikin touchscreen ya gk perlu pake slide apalagi tombol qwerty. Tapi tak apalah, sewaktu kita males touch alhasil bisa menggunakan qwerty. Saya sendiri prefer the qwerty to the touchscreen since my fingers are so big...he!!

Display

TFT resistive touchscreen, 16M colors
Size 360 x 640 pixels, 3.2 inches
- QWERTY keyboard
- Proximity sensor for auto turn-off
- Accelerometer sensor for UI auto-rotate


Layar tentunya sangat besar, enak dipandang. Bisa puas-puasin nonton video dengan widescreen tapi sayangnya entah settingan atau apa ya (saya yg gaptek mungkin), yg jelas kalau nonton video gk bisa bener-bener full screen. Jadi hanya menggunakan sebagian layar. Kalo maen game pun juga tidak bisa full,,,benar-benar disayangkan hal ini padahal game-game nya bagus-bagus loh bro n sis. Layar cukup responsif jika disentuh. Bagi yg berjari jari besar jangan kuatir karena disediakan stylus dalam paket nya.

Music Feature

Entah seri C ini diperuntukan untuk musik atau bukan, yg pasti output suara dari headset terbilang sangat biasa. Soalnya kebetulan headset yg termasuk didalamnya hanya untuk sekedar antena alias headset standar Nokia, diluar ekspetasi saya yg mengharapkan headset jenis earbud sama yg dimilki oleh Nokia X3. Meskipun begitu terdapat equalizer dan stereo widening. Output dari speaker masih bisa di andalkan dan tidak terlalu mengecewakan kok.

Camera
primary > 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus, LED flash
Features > Geo-tagging
Video > Yes, VGA@30fps
Secondary > Yes, QVGA


Dari sekian kelebihan yg ditawarkan mungkin inilah yg bisa menjadi andalan. Hasil jepretan kamera ponsel bersolusi max 5MP ini terbilang bagus dan jernih, mirip kamera SLR KW2 lah...he. Banyak settingan disana sini demi mencapai kepuasan hasil foto. Tapi beneran kok hasilnya gak mengecewakan. yah lagi-lagi relatif dari pendapat tiap orang. Ada night mode dan flash juga bro and sis. Pokoknya urusan fotografi dibenamkan fitur lengkap deh. Oia C6 punya dua kamera, bagian atas depan dan belakang. Yg belakang di tujukan untuk sesi poto dan yg depan kayakna sekedar face to face (video call) karena resolusina sangat kecil tapi masih bisa dimanfaatkan untuk foto dan rekam.

Battery
Standard battery, Li-Ion 1200 mAh (BL-4J)
 
Seperti kebanyakan ponsel paling lama bisa bertahan 2 harian. Sebenarnya Cukup irit untuk ukuran ponsel sebesar ini dengan berbagai fiturnya.

Memory
Tersedia space sebesar 240mb untuk internal memory (wow...lumayan luas). Akan mendapatkan free 2gb micro SD.

Connectivity
Slot USB (kabel termasuk dalam paket pembelian) dan bluetooth wajib ada pastinya. 3G dan WIFI sudah terpasang di ponsel ini.


Applications
Banyak sih aplikasi yg sudah terinstal...Facebook, Hi5, Friendster, CNN, ESPN, Youtube. Buat saya sih gak terlalu dipake juga ya fitur-fitur itu karena kebetulan bukan tipe orang yg mobile, masih cozy untuk duduk depan PC atawa laptop untuk melakukan itu semua. Yg menarik adalah adanya maps dan asiknya kalo membuka maps ponsel langsung mencari jaringan lewat satelit atau memang sudah terinstal didalamnya saya juga tidak tahu. tapi yg jelas memang maps bisa menunjukkan peta lokasi di layar ponsel layaknya jika kita liat via google maps. Jadi sama sekali gsk kena pulsa, keren kan tuh cuy!!

Tapi sayangnya ada yg mesti register (gk tau free atao gak soalnya belum pernah coba) dulu sebelum bisa menggunakan aplikasi tersebut macem document viewer (pdf, doc, excel)

Conclusion
Suka ponsel touch tapi pengen layar ponsel yg lega? Pengen ponsel QWERTY tapi layar masih lega? yap,,,kalo begitu inilah ponsel yg tepat buat anda. Fitur yg ditawarkan cukup lengkap, kamera oke, design kokoh tidak ringkih. Kalau digenggam terasa sangat solid pokoknya bikin gak mau lepas deh. Cocok buat anda yg mobile dan suka foto-foto nih. Sejauh ini masalah yg ditimbulkan adalah kadang terasa lemot bahkan sempat hang jadi mesti di restart...yah sepetinya semakin tinggi spek ponsel penyakit sejenis ini gk bisa ilang, khususnya untuk ponsel touchscreen. Untuk itu mesti memperbaharui firmware dengan versi terbaru untuk solusinya.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita

Post a Comment