Friday, June 10, 2011

DELUHI


Sebetulnya saya ingin mem-posting tentang band ini nanti-nanti, tapi ternyata pembicaraan tentang mereka is getting hot!!

Band yg sangat amat punya skill diantara band visual sekelasnya ini terbentuk tahun 2008 lalu dengan nama awal "Grave Seed" dan akhirnya berubah menjadi Deluhi karena ada pergantian member. seperti band V-Kei lainnya, Deluhi mengusung genre rock screamo. Setelah berhasil diterima para penggemarnya, mereka mencoba lebih meng-explore baik teknik bermain instrument musiknya maupun genre musiknya sendiri,,,berani untuk mencoba meskipun agak sedikit diluar jalurnya. It's not a big deal for me..as long as they not lose their characteristic and identity.

Awalnya Leda, sang gitaris, adalah jebolan bassis Galneryus,,,mungkin ada yg sudah tau band ini sebelumnya tapi pada saat doi masih disana dia sebagai bassist not a guitarist....it just the same i think. Tak diragukan lagi, Leda memang sangat piawai dalam bermain gitar, terutama untuk urusan melodi,,tanganya tuh ngacir banget ngulik gitarnya,,quite impressive!! Bisa dibilang dia frontman Deluhi. Sang vokalis, Juri, juga mempunyai kemampuan dalam teknik bernyanyi. Manakala ada lagu yg mellow doi bisa suara halus tapi kalo udah pengen headbang doi bisa ganti jadi scream,,woah!!

Seperti yg sudah disinggung di atas, secara keseluruhan Deluhi memang terbilang expert dalam urusan skill dan sudah banyak juga pengakuan dari penggemar band V-Kei. Terlihat permainan gitar yg mendominasi di hampir setiap lagunya ditemani permainan drum si Sujk yg amat sangat ribet, banyak bermain dengan dobel pedal-nya, sampe-sampe udah kaya suara machine gun (coba dengerin lagu the farthest deh...pasti takjub).

Suara Juri juga bagus dengan pengucapan English yg cukup bisa diterima dibeberapa lagunya, ya meskipun belum terlalu bagus juga...wajar-lah secara doi orang Jepang gitu. Untuk urusan bass memang agak sedikit kontroversial karena memang kemampuan sang bassis, Aggy (he is my favorit member), masih terbilang dibawah kemampuan member lain,,,sobat bisa dengerin di beberapa lagu-nya memang tidak terlalu terdengar gaung bass si Aggy ini, entah sengaja diredam dan dicover oleh gitar si Leda atau memang ada yg salah sama Aggy,,i dunno..

Nah hal inilah yg katanya menyebabkan bubarnya Deluhi...yap sobat gk salah baca dan saya gk salah tulis!! Deluhi itu udah bubar, bisa dilihat di site resminya. Awalnya para fans mengira hal ini hanya sekedar joke karena bertepatan dengan april mop beberapa waktu lalu..tapi ternyata berita itu benar adanya. Akan ada Live terakhir yg diberi tajuk "Last Live" dan album "the best of" nya nanti pada 27 Juli 2011 dengan adanya one additional track which is said as their final and last song with unknown title until now (im curious bout that).

Orion Once Again adalah single andalan mereka. Disusul dengan Two Hurt, Skapegoat, Shade, No Salvation. Untuk Orion Once Again dan No Salvation dibuatkan versi remix-nya. Akhirnya mereka merilis mini album pertama yaitu "Surveillance" tahun 2008. Dan ditahun berikutnya merilis lagi mini album "Yggdalive", ni album yg paling the best deh menurut ane. untuk lagu di mini album ini, ada Hello yg terasa banget permainan bass-nya. Revolver Blast menjadi track paling favorit di mini album ini. 

Tak lama kemudian merilis single Remember the Rain yg cantik banget lagunya, membuktikan bahwa rock yg bisa scream gak melulu tentang lagu yg heavy, bisa juga soft namun tetap ada unsur rock-nya yg di aransemen indah oleh deluhi. Sebelum akhirnya mereka memutuskan disband, mereka telah merilis single trilogi yaitu Frontier (musik khas deluhi ditampilkan disini), The Farthest (permainan gitar dan drum-nya edan!!), dan Departure (mixture of rock and techno or maybe dance). dan mereka sudah melakukan live perform mereka dengan tajuk "Live Blitzkrieg-Another Departure-", the first time i see their live perform...great!

Dari sekian banyak band visual yg lahir dan bermunculan akhir-akhir ini, Deluhi sangat menjadi favorit saya karena cuma mereka yg tiap lagunya bisa memberikan nuansa yg gimana gitu jadi gak sekedar bermusik atau teriak asal aja dan semua lagu-lagunya dapat diterima dengan baik oleh kuping saya...meskipun awalnya saya gk terlalu suka dengen lagu macam ini. All songs is enjoyable and acceptable, saya berani bilang begitu karena yg sudah-sudah kalau dengerin satu band dalam hal ini band sejenis, gak semua lagu-nya enjoyable...ya paling satu sampai dua aja, entah lagunya yg kurang bagus ato emang saya yg kurang bisa nerima.

Gara-gara mereka aliran musik saya sedikit berubah,he! maka dari itu Sangat amat disayangkan band berkualitas seperti ini harus bubar...padahal karir mereka baru aja dimulai, fans mulai bertambah dan apalagi selama ini belum punya full album (baru punya 2 mini-album). Mereka sebetulnya punya potensi dan kesempatan besar di depan. Para fans juga amat kecewa (saya pun begitu)...tapi apa daya semua itu sudah diputuskan beberapa waktu lalu. Mengenai apakah dengan keluar nya sang bassis akan ada pengganti? atau sisa member akan membentuk band baru lagi? atau justru mereka benar-benar mengambil jalan nya sendiri? kita juga tidak tahu. My only hope is they will regroup someday...i'm one of deluhi fans for sure...

Oia...gambar diatas adalah new-look mereka...masih gak percaya kalo mereka dah bubar. Dari gambarnya bisa diliat kalo seakan mereka gak ada masalah dan sepertinya karirnya makin  mantap...padahal...,,,,apalagi si Aggy makin keren aja tuhh!!! Damn......

3 comments:

  1. Kalo ga salah..
    Kata leda, deluhi tanpa aggy bukanlah deluhi.
    Saya juga kecewa. Saya baru ngefans sama mereka pada awal februari. Dan dua bulan kemudian mereka menyatakan akan disband! DAMN!
    Tapi yah.. Mau gimana lagi?
    Lagipula Leda dkk masih muda. Saya yakin Leda ga bakal mungkin sanggup berdiam tanpa memainkan senar2 gitarnya lagi.
    Mungkin saja bakal join di Galne lagi? Atau saja bikin band baru?
    Semoga saja

    ReplyDelete
  2. yap...saya jg pernah baca komen ky gitu n ane setuju bgt,,,tanpa Aggy mereka bukan DELUHI..bener juga sih.

    semua kemingkinan pasti ada..tp yg jelas semoga mereka cepet exist lagi deh gitu broo.

    ReplyDelete
  3. semoga saja DELUHI kembali lagi, dan AGGY jga mau kembali ke DELUHI.
    padahal aq bru ngefans sma DELUHI di awal thn 2012. gara2 lgux dan personilx yg keren2

    ReplyDelete