Sunday, May 22, 2011

Acer 4740G Review


Apa yg sebenarnya menjadi pertimbangan bro and sis dalam memilih laptop? Apakah benar-benar butuh karena fungsinya? atau mungkin ada faktor lainnya...? Kalau mencari laptop untuk gaming dengan harga yg affordable, mungkin saya punya solusinya.

Apakah kalian familiar dengan nama Acer? Yap, saya yakin udah pernah denger dan tau sebelumnya. Produsen asal Taiwan ini sudah masuk dan populer di pasar Indonesia sejak tahun 2000an. Berikut saya kasih rekomendasi buat bro atau mungkin sis yg hoby maen game. Saya rekomendasi tiga model laptop keluaran Acer yg diberi label Aspire, yaitu 4740G, 4745G, dan 4750. Review ini disusun secara keseluruhan dari masing-masing produk yg dibagi menjadi 3 part. Mungkin untuk spek yg lebih lengkapnya bisa diliat disitus resminya y, takut salah ketik dan salah info aja gitu bro. Langsung aja simak part 1...dah kaya apa aja pake part2 segala, he.

Design
Terlihat sangat kokoh dan kuat, sehingga muncul kesan solid. Tapi memang agak tebal (gendut) dan berat (lumayan kerasa loh kalo dibawa-bawa...). Yg menarik dari jajaran produk 47XX ini adalah warna indikator terang biru, mulai dari batrai sampai tombol power, terkesan elegan, menurut saya loh.

Display
sudah mendukung layar 14.0" HD LED LCD, beresolusi maks 1366 X 768. Terang dan pastinya enak dipandang. Sudah menjadi standar untuk laptop produksi sekarang.

Processor
Acer berani menyuntikkan processor teranyar, Intel Core i5 versi mobile yaitu 430m berkecepatan 2.26 Ghz yg secara otomatis dapat meningkat menjadi 2.53 dengan adanya fitur pintar, Intel Turbo Boost. Sedikit catatan mengenai fitur tersebut, Turbo Boost bekerja layaknya jika kita melakukan overclock procie. Beda dengan overclock, fitur ini bekerja secara automatically jika ada sebuah program/ aplikasi membutuhkan kinerja lebih, so it means safe and simple. Oia fitur tersebut tidak disematkan pada Core i3, hanya core i5 dan i7. Untuk ukuran laptop dengan harga cukup murah, bisa menjadi bahan pertimbangan dengan adanya Core i5 sebagai otaknya...right? dimana para pesaingnya masih saja menggunakan Core2Duo, paling-paling seri Core i3.

Hardisk
Berkapasitas seluas 500GB, namun aslinya hanya sekitar 460-an lah. Cukup untuk menampung segala jenis file favoritmu.

RAM
Untuk meng-handle segala aktivitas di laptop ini, di sokong RAM sebesar 2GB jenis DDR3 (lagi-lagi sudah menjadi standar untuk keluaran laptop sekarang).

VGA
Ini dia yg ditunggu. Gak tanggung-tanggung, Acer featuring nVidia yg membenamkan kartu grafis nVidia 310M dalam acer aspire 4740g ini. Memang bukan yg teratas tp juga bukan yg terbawah di kelasnya. Lumayan deh buat nonton video HD sama maen game setting low-medium. Meskipun sudah mendukung CUDA dan Physix, bro juga jangan terlalu berharap bisa memainkan game-game berat dengan setting high karena hanya memiliki memori sebesar 512mb DDR3 64 bit (termasuk canggih untuk ukuran laptop standar). Tapi setidaknya worthed banget kok dengan adanya nVidia 310M dalam aspire 4740g ini, cocok buat game dan juga urusan grafis (vga ini sudah support DX 10). Di geber buat maen Resident Evil 5 dan Dead Space 2 masih kuat kok bro (maklum kedua game ini kualitas grafisnya sangat bagus, bisa menyamai atau mungkin melebihi PS3 sekalipun, tergantung VGA yg digunakan) yah tapi memang mesti pinter-pinter cari settingan yg pas biar jalannya mulus.

Standard features
DVD super multi. card reader. Bluetooth. Camera (lumayan terang n bagus loh), 6 cell Li-ion battery (batre lumayan awet lah kalo dipake cuma buat ngetik, bisa tahan 3 jam-an).

Conclusion
Dengan harga yg dibanderol kurang dari 8jt (waktu itu dan tergantung juga dari paket ada atau tidaknya windows genuine yg terinstal), dan sepertinya memang sudah tidak dirpoduksi lagi, laptop ini bisa jadi pilihan bro dengan spek yg sebenernya termasuk mewah, cukuplah kalo untuk sekedar menyelesaikan ketikan atau untuk presentasi atau juga untuk urusan edit gambar atau foto. Apalagi udah adah core i5 sama nVidia 310M yg menjadi faktor "plus-plus" he....tapi sepertinya laptop ini agak merepotkan jika harus sering2 mobile karena masalah berat dan ukuran tadi...yah kalo gak mobile bukan laptop donk namanya, mending beli PC deh sekalian hee! tapi ya kalo dah biasa gendong yg berat-berat mah gk masalah.

coming up next, Acer Aspire 4745G. Dont miss it! to be continued...

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita

Post a Comment