Thursday, April 14, 2011

Review Nokia X3


Ponsel dari Nokia yg didedikasikan untuk bermusik ini memang sangat bisa di andalkan untuk urusan mendengarkan lagu. Xseries hadir untuk melengkapi jajaran ponsel seri nokia Xpress Music sebelumnya.


Design
Design seperti kebanyakan model Nokia Xpress Music, Nokia X3 tampil dengan bentuk slide. Semua material casing sepenuhnya terbuat dari plastik dan terlihat sedikit glossy.

Screen
Layar yg lumayan lebar, terang dan lembut dipandang,,,namun bila dalam keadaan outdoor maka layar akan tampak hampir tidak terlihat karena cahaya luar. Sangat mengganggu untuk orang yg suka berkeliaran diluar sana alias mobile. Mungkin hampir semua ponsel juga bermasalah seperti ini.

Battery
Batre Nokia X3 ini bisa dibilang cukup boros. Paling lama bisa bertahan 1 harian lebih jika dibuat smsan n dengerin musik saja. Akan lebih boros lagi kalo anda termasuk orang yg exist di dunia maya alias sering online dan suka teleponan ketimbang smsan. Batere terisi penuh dlm waktu 1,5 jam saja, termasuk cepat memang.

Music Features
ini dia fitur yg dikedepankan Nokia X3. Bisa memainkan beberapa format lagu. Tersedia pilihan equalizer dan stereo widening. Sayangnya tidak ada fitur bass boost seperti yg dimiliki nokia seri N terdahulu, namun meskipun begitu kualitas suara yg dihasilkan ponsel ini bagus. Berhubung Nokia X3 ini termasuk ponsel dengan stereo speaker (bagian atas dan bawah body) maka kualitas suara yg dikeluarkan lewat speaker ini mantap! Suara bass samar-samar terdengar dan tidak pecah jika volume diset ke level tertinggi sekalipun, tapi hal ini juga tergantung pada kualitas file musik yg sedang di dengarkan alias bukan kompresan. Saking bagus speaker ini kita bisa mendengarkan gema atau istilah kerennya echo musik disekitar kita (atawa mungkin cuma persaan saia saja y he!). Untungya Nokia X3 ini dibekali dengan headset yg memang ditujukan untuk dengerin musik yakni headset tipikal earbud, bukan model headset yg cuma sebagai antena radio atawa percakapan. Bener-bener bakal dimanjain banget deh sama kombinasi X3 dan headsetnya. Semua suara kerasa keluar semua dengan bass yg ketara banget. Pokona buat saya ini hp bagus bgt deh urusan suara, meskipun tiap-tiap orang pasti beda selera. Untuk mendengarkan lagu lewat headset tersedia jack audio 3.5mm yg artinya bisa dimasukkan dengan headset merk apapun selama masih 3.5mm, flexible right!

Connectivity
Tersedia slot USB untuk menghubungkan kabel data (termasuk dalam paket pembelian) ke PC. Bluetooth juga pastinya tersedia.

Memori
Memori internal berkisar 40mb saja itupun nanti dipake buat sistem sebagian. Namun jangan kuatir dalam paket pembelian juga disediakan micro sd sebesar 1gb.

Camera
Meskipun resolusi yg ditawarkan sampai sebesar 3.2 MP tp kualitas kurang maksimal jika di dalam ruangan. Hasil maksimal bisa didapat jika berada diluar ruangan. Satu lagi kekurangan yaitu tidak ada night mode dimana sebenarnya fitur ini sangat membantu dalam pengambilan gambar. Video recording feature juga tersedia dgn kualitas sama seperti kebanyakan ponsel Nokia lainnya.

Applications/ Entertaintment
x3 dibekali s40 6th edition, termasuk jadul untuk ukuran ponsel musik yaa, dimana ponsel nokia lainnya dibekali s60 alhasil ada beberapa aplikasi atau games tidak dapat terinstal dengan baik (tidak semua) meskipun ponsel ini jg mendukung java. Asiknya untuk mendengarkan radio anda tidak perlu mencolokkan headset sebagai antena karena sudah terdapat antena internal. Untuk urusan browsing ponsel ini sudah dibekali operea mini, lumayanlah tapi ponsel ini belum mendukung jaringan HSDPA ataupun 3G.


kesimpulan > klo ingin mencari hp musik yg memiliki speaker n suara bagus ditambah headset yg bukan murahan, murah meriah namun dapat diandalkan ini bisa jd pilihan. Namun ada sedikit kekurangan, firmware masih bawaan pabrik jadi harus di update dengan versi terbaru demi kenyamanan dalam penggunaan X3 ini. karena sejujurnya saya mendapati bug yg sangat mengganggu sebelum di update. Entah ini saya yg dapet barang cacat produksi ato gemana gk tahu juga ya, hp suka (meskipun gk selalu) restart tanpa sebab...batere jg terasa bgt borosnya. tapi setelah di update gejala restart hampir tidak ada lagi dan indikator batre jg bertahan lebih awet dr sebelumnya. Namun apabila ada keraguan karena masalah firmware ya sudah gk usah di ambil he....daripada nanti menyesal kan.

1 comment:

  1. saya punya nokia x3-00 dan selalu punya maslah di fleksiblenya , hampir setiap minggu saya ganti fleksible , (yang originalpun sama) ... solusinya gmna ya ???

    ReplyDelete