Wednesday, September 18, 2013

Lenovo Y410P Review



Dewasa ini sepertinya posisi laptop kian tergeser dengan adanya smartphone, tablet ataupun phablet. Semua hal sudah bisa dilakukan dengan gadget di genggaman sekalipun, namun bukan berarti laptop sudah tidak dibutuhkan. Nah, pasti kalian sudah tidak asing dengan LENOVO kan? Berawal dari desktop PC hingga server kemudian baru ramai merambah ke sektor gadget. Kali ini LENOVO menawarkan sebuah laptop dengan kemampuan luar biasa, seperti apakah? Simak ya, guys. Enjoy !
  
Design 
Keseluruhan body baik interior dan eksterior dibalut warna hitam berbahan mirip karbon atau polycarbonate atau apa ya ini namanya,he?? Yg jelas bahan plastik, tidak ada unsur alumunium sepertinya dan tidak meninggalkan sidik jari. LENOVO telah mempertimbangkan sedemikian rupa perihal sistem sirkulasi udara. Terdapat exhaust hole dibagian kiri dan bawah laptop yg dimana lebih besar ukuranya dan dirancang cukup ciamik. Adapun slot HDMI/VGA output, kemudian USB3,USB2,dan ALWAYS ON USB untuk charge gadget kalian bahkan dalam keadaan laptop mati dan tidak terhubung power. 2 buah jack untuk headset/speaker dan mic. Laptop juga dapat terhubung dengan LAN pastinya. Yg menarik adalah laptop ini sudah dilengkapi yg namanya ULTRA BAY yg katanya bisa digunakan sebagai slot VGA ADD-ON, SSD maupun BLUERAY DRIVE dan sementara ini diisi dengan DVDRW drive bawaan laptop. Bagi yg senang skype or video chat or s*x cam (he..) rasanya cocok sekali karena webcam nya mumpuni sekali. Sudah bisa merekam dan menagkap objek dalam resolusi HD 720p, dalam cahaya minim pun sudah cukup baik tampilannya. Oya satu lagi yg menarik, keyboard nya bisa nyala alias backlighting. Beberapa orang mengganggap ini tidak penting dan norak. Beberapa lainnya menyebut unik dan keren. Ya tujuanya sih simple aja agar memudahkan typing dalam keadaan minim cahaya atau bahkan mati lampu...who knows, right?? But it consumes more battery life for sure

Ngomong2 soal batrai, ternyata laptop ini sanggup bertahan hingga 3-4 jam lamanya dengan pemakaian mp3,ngetik, dan internetan dengan catatan menggunakan integrated VGA dan brightness layar agak redup biar lebih nyaman di mata. Cukup lama kan? 

Display 
Meskipun belum support Full HD, setidaknya laptop berukuran 14inch anti-glare sudah dapat menampilkan resolusi 1366x768 atau sebanding dengan HD. Jika dicoba hubungkan dengan perangkat televisi menggunakan HDMI, ternyata laptop ini cukup baik karena sudah bisa full screen di TV size 32inch. Pada umumnya laptop tidak mampu menampilkan full karena ada bagian yg terpotong. 

Procie 
Intel Core i7 4700QM, prosesor generasi ke 4 (4th Gen) dari keluarga Core i yg diberi nama sandi HASWELL, menjadi pusat segala instruksi. Berinti empat memilki cache sebesar 6mb dengan kecepatan 2.4ghz yg dapat menembus hingga 3.4ghz berkat fitur Intel Turbo Boost2 Technology (EDAAAN!). 

VGA & RAM 
Tertanam NVIDIA GT750M untuk urasan grafis dan gaming. Dengan dedicated memory 2GB yg berjenis GDDR5 sanggup melahap game keluaran terbaru semisal saja Resident Evil Revelation dan Metro Last Light. Soal kemampuan gaming dan grafis sebetulnya belum dilakukan uji lebih lanjut, tapi secara teknis SEHARUSNYA tidak ada keluhan di kedua sektor tersebut terlebih sudah terpasang RAM sebesar 8GB dan dapat ditingkatkan hingga 16GB (pastinya sudah lebih dari cukuplah). 

GT750M sendiri sanggup berlari pada clock speed 967Mhz, mempunyai 384 shaders, 28nm dan teknologi terbaru dari NVIDIA yakni GPU BOOST2 (semacam TURBO BOOST pada PROCIE INTEL). Kualitas grafis yg dihasilkan pun sudah sangat baik berkat CUDA dan tentunya PHYSX. Menurut situs notebookcheck.net, GT750M mempunyai kemampuan setara atau bahkan diatas GTX660M (X menandakan tipe VGA superior) dan berada di peringkat pertama untuk VGA mobile class 2. Tepat berada dibawah nya adalah Radeon HD 8850M/7850M kemudian baru disusul GTX660M (kebayangkan performa-nya??). 

Ada juga integrated VGA yaitu INTEL HD4600 series (diklaim 30% lebih powerful dari HD4000 series). Kita gak bisa terlalu berharap dari VGA bawaan ini, tapi setidaknya bisa digunakan kalau hanya ingin nonton atau sekedar office dan browsing. 

HDD 
Masih setia dengan storage berjenis HDD yg mempuyai kapasitas tergolong jumbo sebesar 1TB, efektif 950gb-an. Jika saja HDD digantikan dengan dengan SSD pasti harga bisa lebih tinggi. 

Speaker by JBL / Sound by Dolby 
Satu lagi fitur yg saya senang sekali bisa mendapatkan laptop ini adalah soal speaker dan suara. Mendapat endorse dari pabrikan raksasa semisal JBL dan Dolby. Untuk speaker terdapat di bagian kiri dan kanan dengan bentuk yg memberi kesan futuristik yg dikerjakan oleh JBL. Dan kualitas suara di serahkan pada Dolby dengan dibenamkannya fitur Home Theather V.4. Kombinasi apik untuk kalian para audiophile. Dicoba memainkan file mp3 yg berkualitas dibawah standar 128kbps atau kompressan ternyata masih terdengar halus dan bagus baik via headset or loudspeaker laptop. Tapi tidak untuk file dengan kompresan parah atau cacat secara digital. Well...sounds preety good to me. 



Kesimpulan 
Meskipun LENOVO tidak mengklaim laptop seri IdeaPad Y410p ini sebagai high-end ataupun gaming laptop, namun dari spesifikasi teknis sudah bisa terbayang kemampuanya. Dengan harga yg ditebus sebesar Rp.10.400.000,- (harga bervariasi tergantung dollar dan master dealer) pantaslah dijadikan alternatif untuk kalian yg haus akan kemampuan gahar, juga bentuknya yg kokoh dengan aksen futuristik dilengkapi amunisi yg lengkap dan bahkan diatas rata-rata dibanding laptop kompetitor dengan harga yg sama loh ya, guys. Boleh dibilang mempunyai spek tertinggi untuk saat ini untuk kelas laptop multimedia. Saingan terdekatnya datang dari ASUS X450JF-WX012H, Core i7 4700HQ, 4GB DDR3, 1TB HDD, GT745M tapi sepertinya belum cukup menandingi Y410p, hanya menang di prosesor sedikit saja dan kedodoran di RAM dan VGA. 

Dalam paket pembelian akan menadapat bonus Microsoft Compact Mouse M1000, sidebag, antivirus MCafee full dan satu lagi yg hampir lupa, laptop ini tidak dijual kosongan atau DOS. Sudah sepaket dengan Windows 8 64Bit versi Single Language. Kalau kalian kebetulan ada dana lebih bisa lirik saudaranya IdeaPad Y510p yg memliki bentuk dan spek sama persis tapi sudah dengan layar 15inch full HD, ditebus di harga 13jutaan. So what do you say? take it or leave it...?

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita

Post a Comment