Friday, March 11, 2011

Laruku A.K.A L'Arc en Ciel



Ni band muncul taun 1991 dengan posisi sekarang Hyde(vokal), Tetsu(bass), Ken(guitar), Yukihiro(drum). Sebelumnya posisi drummer di isi oleh Sakura, namun karena kasus kepemilikan narkoba akhirnya band ini sempet hiatus selama kurang lebih setahun.


Nah selama itu pula mereka sibuk nyari pengganti sang drummer. Awalnya banyak yg mengira karir Laruku hancur, tp memang sang dewi fortuna masi berpihak pada mereka. Akhirnya ketemulah sama Yukihiro, resminya doi bergabung pada tahun 1997 sekaligus mengadakan konser Reincarnation. Sejak berkarir memang unsur Visual Kei kental bgt, bisa diliat di PV Blurry eyes, dan Vivid Color. Saya sempet tecengang ketika tau kalo mereka pernah rilis 2 album sekaligus yaitu Ark dan Ray...unbelievable!! namun seiring berkembangnya zaman, style mereka pun berubah menjadi lebih formal dan kasual kaya PV Ready Steady Go...tidak lagi memakai make-up yg tebal2. Untuk lagunya sendiri memang mesti diakui bagus2 semua...easy listening banget deh..mereka udah 20 tahun berkarya sampai sekarang. Mereka jg udah live perform diluar Jepang misal di USA tahun 2004, dan di Paris tahun 2009 kemarin.


Mereka adalah band Jepang pertama yg saya tau n denger lagunya n mempengaruhi saya untuk terus mendengarkan lagu2 jepang sampe sekarang. Ada beberapa hal yg membuat saya terus terkagum2 dengan band ini yaitu kalo lg live perform mereka kadang berganti posisi antar personil, yg kalo udah ganti begitu mereka berubah jd P'unk en Ciel. P'unk en Ciel membawakan lagu2 laruku yg sudah di remake menjadi genre punk..sugoiii!! ditambah semua personilnya punya solo project masing2. bayangkan aja gimana caranya mereka membagi waktu antara laruku dengan solo projectnya. Mungkin solo project mereka jg akan saya posting nantinya.


Buat yg suka sama anime Rurouni Kenshin atawa lebih akrab disebut Samurai X pasti suka jg ma band ini soalnya single yg judulnya 4th Avenue Cafe dijadiin ending song di serialnya. Single yg judulnya Niji jg dipake buat opening di Movie-nya. Buat yg belum pernah dengerin coba deh single macem Anata, Hitomi no Jyuunin, Jojoushi, sama terakhir Bless buat yg mendayu-dayu. Buat yg bikin semangat coba Ready Steady Go, Jiyu Eno Shoutai, Link, Nexus 4. Atawa mau yg sedikit nge-beat untuk bergoyang? Caress of Venus and Seventh Heaven will be good choices dude!

ALBUMS

DUNE (1993)
TIERRA (1994)
HEAVENLY (1995)
TRUE (1996)
HEART(1998)
ARK (1999)
RAY (1999)
REAL (2000)
SMILE (2003)
AWAKE (2005)
KISS (2007)

2 comments:

  1. Good Luck My Way juga bikin semangat..
    keren lagu itu...

    ReplyDelete