Thursday, February 23, 2012

Nokia X6 Review



Baru sempet bikin review (again, he...) dan sepertinya sudah out of date juga ya kalau kali ini Saya membuat review ponsel Nokia X6 secara udah rilis dari Januari 2010. Tapi gpp deh ya mumpung dapet inspirasi nulis nih. Nokia X6 merupakan smartphone pabrikan Nokia dan boleh dibilang penerus daripada Nokia X3-00 (pernah pula di review disini sebelumnya) karena masih memakai emblem "x" alias Xpressmusic series. Dari sisi harga juga dulunya terpaut jauh antara keduanya, begitu pula dari sisi kecanggihan juga sepadan dengan harganya. Oke kalo gitu simak aja reviewnya, here we go,,,



Design
 
Elegan dan kokoh adalah kata-kata yg tepat untuk mendeskripsikan bentuk ponsel ini. Mungkin jika diliat dari gambar-gambar atau iklan akan nampak tipis dan ringkih. Namun kenyataanya dengan bentuk yg hampir persegi panjang, membuat ponsel ini mantap di genggam dan terbilang tebal. Dengan casing plastik pada penutup batre dan kasing glossy pada permukaan ponsel.

Display
Nokia X6 sudah mengadopsi teknologi 3.2Inches TFT capasitive touchscreen 16 juta warna dengan kepadatan 360x640 pixel alhasil layar nampak sangat jernih dan tajam. Dengan teknologi ini, kita bisa menyentuh layar menggunakan jari dengan cukup mudah, akurat dan responsif, tidak perlu sampai menekan layar keras-keras. Istilahnya maen alus aja broww he. Karena itu bisa dipastikan juga kesalah pencet dan ketik bisa diminimalisir, tapi ukuran jari juga perlu diperhatikan ya. Benar-benar berbeda jika dibandingkan dengan teknologi layar Nokia C6-00. Kemudian saya membandingakan dengan Nokia X3 dimana pada tampilan tema Nokia X3 gambar bisa bergerak atau ada efek2nya. Tapi hal ini tidak ditemukan pada Nokia X6, padahal lebih suka tampilan tema X3 (atau saya aja ya yg gk tau caranya he). Terdapat juga fitur accelerometer.

Messaging
Kamu bisa menulis pesan sesuai keinginan dan kebiasaan. Lebih suka menulis dengan alphanumeric atau full qwerty touch,,it's your choice. But i prefer alphanumeric to qwerty

Camera
Terdapat 2 kamera pada bagian depan (VGA) dan belakang (5MP). Keduanya bisa digunakan untuk mengambil gambar ataupun merekam video. Kualitas kamera nya pun oke punya loh. Baik dalam keadan indoor ataupun outdoor, hasil jepretan kamera depan dan belakang tergolong SANGAT BAIK dengan hampir tidak adanya noise meskipun diambil menggunakan settingan resolusi terkecil. Hasil rekam pun tidak mengecewakan. Format video terdiri dari 3gp dan mp4. Format mp4 nya boleh bilang sudah mendekati HD loh tanpa lag karena framerate yg terbilang tinggi meskipun memang belum sejernih HD yg sesungguhnya. Semua itu bisa didapat karena adanya sokongan dari Carl Zeiss Optic dan dual LED flash. Asli flashnya bikin mata sakit dan kepala pening saking kuat dan terang nya, insane...

Music Player
Fitur yg di unggulkan tentu saja music player nya. Sebenarnya sih dari sisi display dan kemampuan playernya memainkan file suara sama aja dengan kebanyakan ponsel Nokia yg bukan xpressmusic sekalipun. Terdapat settingan bass booster, loudness, dan stereo widening. Loudspeakernya ada dua, keduanya terdapat di sebelah kiri atas dan bawah.

Nah jika dibandingkan dengan Nokia X3, kemampuan loudspeaker X6 masih kalah, why?? Karena pada settingan volume antara level 8-9-10 suara musik mulai pecah, walaupun memang lebih terasa stereo widening dan bass boosternya serta lebih jernih X6. Beralih pada kualitas suara jika di denger via headset, hanya satu kata AMAZING. Paket headset terdapat WH-701 yg ada music controlnya, sebenerya tidak jauh berbeda dengan WH-205 bawaan Nokia X3. Di denger gimana pun, kualitas output X6 via headset begitu bagus, mungkin hal ini juga dipengaruhi karena Nokia telah melakukan pembaharuan dari sisi hardware suara. Memang pantas X6 menyandang label xpressmusic. Suara keluar semua dengan dentuman bass khas yg bulet dan tidak pecah loh...namun tidak menimpa instrument lainnya.

System Operating
X6 sudah di bekali dengan Symbian V9.4 S60 5th Edition dan CPU ARM11 434MHz. Memang bukan yg terbaik dan terbaru jika dibandingkan dengan ponsel keluaran sekarang, tapi pada saat itu dirasa lebih dari cukup dan wah untuk ukuran ponsel touchscreen. Lemot sih ada tapi tidak terlalu menganggu kok.

Entertainment Features
Ada radio dengan RDS dan tampilannya bagus, tapi sayang nya tidak support internal antena seperti Nokia X3 (mendengar radio tidak perlu colok headset). Digunakan browsing sih relatif ya kareana sudah mendukung HSDPA (cool huh...), tergantung paket dan sinyal provider tapi overall okelah dengan layar lebarnya.

Conclusion 
Nokia X6 adalah ponsel yg fitur-fitur nya termasuk wah dan masih mumpuni jika Anda bukan tipe orang latah dimana mengikuti trend ponsel masa kini. Dengan hadirnya external storage yg sudah built in dengan pilihan mencapai 8GB, 16GB, dan 32GB merupakan kelebihan lainnya yg harus anda pikirkan juga jika Anda orang yg haus akan space memory yg lapang. Kemampuan music player dan kamera juga tidak kalah dengan ponsel Nokia atau brand lain yg lebih mahal, BB dan andriod sekalipun, kecuali iPhone ya he.... kehadiran wifi dan sederet fitur hiburan termasuk games yg oke punya ikut melengkapi kedahsyatan X6. Oia satu hal yg hampir terlupa adalah, terdapat batre 1320MAh (BL-5J) yg mampu standby sampai 3 harian dengan pemakaian normal loh..seboros-borosnya paling 1.5 hari. Consider it boys and girls.
Mohon maaf jika tidak bisa memberikan informasi sedetil mungkin dan terasa subjektif, karena review ini dibuat berdasar penggunaan dan pengetahuan sang blogger, he...

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita

Post a Comment