Monday, September 5, 2011

Suicide Club


Apa yg Anda pikirkan ketika membaca judul film di atas? aneh? takut? atau mungkin malah merasa lucu? well...semua itu hanya bisa terjawab kalau Anda sudah selesai menyaksikan film yg satu ini sampai tuntas. Saya akan mencoba membuat review dengan bahasa yg semoga mudah untuk dimengerti karena film yg satu ini rada membingungkan...penasaran kan? Langsung simak aja brosis.

Suicide Club
adalah film Jepang buatan tahun 2001 dimana menceritakan dan menggambarkan rentetan kasus bunuh diri dikalangan masyarakat Jepang dengan berbagai cara yg gak pernah dibayangkan sebelumnya. Diawali dengan kasus bunuh diri yg dilakukan sebanyak 50an siswi SMA (sepertinya) yg langsung terjun tepat ke lintasan kereta api ketika kereta sedang merapat ke stasiun...EDAN!!! Alhasil banyak darah dan potongan tubuh dimana-mana...nah ternyata peristiwa tersebut memancing peristiwa bunuh diri lainnya. Mulai dari suster perawat sampe ibu rumah tangga. Disetiap TKP ada sebuah tas yg isinya adalah potongan-potongan kulit daripada  orang yg melakukan bunuh diri, selembar kulit berbentuk persegi yg ada berbagai tato tergambar diatas nya.


Usut punya usut, ada sebuah website dimana mengajak orang-orang untuk melakukan bunuh diri. Diceritakan juga ada girl band yg masih SMP yg selalu muncul di film ini. Entah apa maksudnya, tapi di ending diketahui bahwa girl band ini juga yg menjadi faktor pendorong orang-orang untuk bunuh diri...parah!! Polisi dan detektif pun harus turun tangan mengusut masalah ini.

Ada adegan dimana bunuh diri dilakukan dengan backsound lagu-lagu ceria dan cenderung sedih, parahnya yg nyanyi itu anak-anak (kalo saya perhatiin loh...tp gk tau jg), dan hal ini saya rasa langsung menusuk ke faktor psikologi para penonton, very disturbing and annoying!

Semakin mencoba untuk mengerti jalan cerita ini film, malah semakin bingung saya...bener-bener kurang jelas apa maunya ini film. mungkin yg udah nonton punya pendapat yg sama.

Banyak hal-hal tidak terjawab dan cenderung rancu. Misalnya, ada tokoh-tokoh yg muncul namun tidak jelas darimana dan apa tujuan mereka di film ini,,,tau-tau yg muncul begitu aja dan menghilang tanpa ada jawaban jelas. Tujuan dari adanya tas di tiap TKP itu jg gk jelas. Terus kenapa bisa girl band mengajak orang untuk bunuh diri. Efek-efek darah rasanya berlebihan deh atau istilahnya lebay.... Wah pokoknya kalo bole saya bilang bilang ini film absurd banget deh...!! Mana tau-tau ada grup band muncul...mending keren tapi ini mah MAHO, what the helll???!!

Buat anda yg hobi nonton film-film thriller dan ada bumbu gore-nya Saya rasa Anda patut menontonnya. Karena dijamin perut anda akan pusing dan kepala anda akan mual....lhoooo??? Tapi bener deh, serem sih kagak juga, kalo nonton film ini tuh "ngilu" nya berasa banget...meskipun dari segi cerita gk jelas. Film ini seakan-akan menganggap hidup itu tidak penting lagi karena banyak tekanan,,,kenapa hidup ini tidak dibebaskan saja..kurang lebih kek gitu deh.

BTW ternyata film ini sudah ada lajutannya loh yg berjudul Noriko's Dinner Table, yg katanya semua misteri di film Suicide Club terjawab. Saya pun belum sempet nonton, nanti deh kalo udah bisa saya posting lagi disini.

Oia buat temen-temen yg sedang melakukan riset ato penelitian tentang kehidupan sosial, sepertinya film ini bisa menjadi data anda yg ekstrim he....enjoy !!!
 

2 comments:

  1. kalo menurut saya, film ini salah satu yg terbaik karena selain gore juga menguras otak kita. jadi hanya orang pintar dan teliti yg mengerti maksud dari film ini. juga terdapat pesan moral yg terkandung di dalamnya. hal ini pula nenandakan pola pikir orang jepang jauh melebihi pola pikir kita, karena film mereka sebagian besar mengandung teka teki yg menarik tapi sulit tertebak bagi orang indonesia tapi mungkin sederhana bagi mereka

    ReplyDelete